SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » Demokrasi (softskill)

Demokrasi (softskill)

Posted by Blognya ivan on Tuesday 12 April 2016



Apakah Sudah Ada Demokrasi Dinegara Kita ?


Komentar Saya :

                  Demokrasi dapat diartikan sebagai pemerintahan atau kekuasaan dari rakyat                     oleh rakyat dan untuk rakyat.

Seperti yang saya tahu bahwa demokrasi di indonesia sudah berjalan sangat lama, hingga saat ini demokrasi masih digunakan dalam pemilihan kepala negara maupun pemilihan lembaga legislatif lainnya. Artinya demokrasi sendiri sudah ada di indonesia sejak masa pemerintahan Ir.Soekarno. Sudah ada banyak partai yang ikut serta dalam pemilihan umum di indonesia sampai-sampai masyarakat bingung dalam memilih partai mana yang akan di pilih sebagai perwakilan daerahnya.

Mungkin model pemilihan seperti ini dapat dikatakan bagus untuk negara kita, namun perlu di kaji ulang bahwa sesungguhnya sistem demokrasi seperti ini tidak sepenuhnya berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat indonesia, khususnya masyarakat kecil. Kenapa? Karena demokrasi yang ada sekarang ini tidak murni menjadi pilihan dari rakyat dan untuk rakyat. Melainkan mereka calon pemimpin rakyat yang akhir-akhir ini banyak yang menggunakan harta kekayaan mereka hanya untuk berkampanye, mencari popularitas dan menyuap para rakyat yang tidak mengerti akan dunia politik sebelum dilakukannya pemilu agar mereka terpilih sebagai wakil rakyat. Dan pada akhirnya mereka lah calon pemimpin yang berkantong tebal yang mempunyai peluang tinggi untuk menang, dibandingkan dengan calon pemimpin yang jujur dan berwawasan luas namun tidak mempunyai cukup uang untuk membagikan hartanya.

Sangat disayangkan apabila kejadian ini terus berulang tiap 5 tahun di negara kita, belum lagi proses dari demokrasi itu sendiri yang memerlukan banyak pengeluaran dana negara yang di sebarluaskan di tiap-tiap daerah untuk melaksanakan pemilu. Mungkin pelaksanaan demokrasi pemilu pada saat zaman saya masih kecil berlangsung bersih dan jujur tanpa adanya suap-menyuap kampanye berlebihan atau lain sebagainya. Dan seharusnya saat ini pun hal itu harus terus berlangsung agar sistem demokrasi di negara kita tidak tercoreng dan mengandung sisi negatif.

Saran saya sebaiknya apabila suatu negara ingin mencari pemimpin. pilihlah pemimpin yang benar-benar sudah mengerti tentang itu, memikirkan tentang bagaimana kondisi indonesia saat ini, maupun 5 tahun kedepan dan bagaimana caranya agar indonesia bisa terus maju dimasa mendatang.
Buatlah lembaga untuk rancangan tersebut, serta saran saya dirikanlah suatu institut atau pelatihan kepresidenan tanpa biaya apapun, agar tiap orang memiliki hak untuk ikut serta dalam pelatihan tersebut dan juga harus selektif dalam memilih orang, pilihlah orang-orang yang benar-benar pintar, cerdas, serta berwawasan luas yang mengerti tentang masalah yang terjadi di indonesia saat ini. agar nantinya bangsa indonesia dapat dipimpin oleh orang yang benar.

Apabila negara ini di pimpin oleh orang yang berwawasan luas dan sudah terbukti dari segi pikiran, mental, serta baik dari kepribadiannya. Saya yakin 5 tahun mendatang indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain yang perkembangannya sudah sangat pesat tanpa harus adanya demokrasi di negara ini.   

 Tapi pertanyaan saya apakah indonesia mampu merubah itu semua, suatu hal yang sudah berjalan sangat lama dan sudah terintegrasi ?

Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages