SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » Wawasan Nusantara (softskill)

Wawasan Nusantara (softskill)

Posted by Blognya ivan on Monday 11 April 2016

WAWASAN NUSANTARA



PENGERTIAN WAWASAN NUSANTARA

Wawasan nusantara adalah sebuah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dimulai dari lingkungannya dan mengutamakan persatuan serta kesatuan wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Wawasan nusantara adalah sikap dan cara pandang warga negara Indonesia yang didasarkan pada UUD 1945 dan Pancasila. Dalam menjalankan wawasan nusantara, diutamakan untuk memenuhi kesatuan wilayah dan menghargai perbedaan yang ada untuk mencapai tujuan nasional. Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak daerah bahkan pulau yang masih belum berpenghuni. Banyaknya suku bangsa dan kebudayaan yang berbeda membuat negara Indonesia kaya dengan beragam asetnya. Perbedaan ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang luas dan memiliki banyak keragaman dari ujung Aceh hingga Papua.
Meskipun berbeda, Indonesia bsia bersatu karena memiliki Pancasila dan dan UUD yang bisa menyatukan perbedaan tersebut sehingga sikap bangsa Indonesia bisa menghargai satu sama lain. Dengan begitu kita harus memiliki sikap dengan toleransi yang cukup tinggi dan menghargai setiap perbedaan yang ada.

Aspek Wawasan Nusantara
Berikut ini beberapa aspek wawasan nusantara.

1.      Aspek kewilayahan nusantara
Aspek ini memperhatikan daerah, wilayah nusantara dimana Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam dan keanekaragaman jenis flora dan fauna.

2.       Aspek sosial budaya
Yang kedua dari aspek wawasan nusantara adalah sosial budaya dimana kita harus menghargai setiap budaya yang berbeda yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia. Dengan begitu mencegah adanya konflik intern antar warga negara. Jadi perbedaan yang ada di Indonesia harus menjadi senjata untuk membuat negara ini semakin maju dan bersatu sehingga Indonesia semakin kuat dan kokoh.

3.      Aspek sejarah
Indonesia diwarnai oleh pengalaman sejarah yang tidak menghendaki terulangnya perpecahan dalam lingkungan bangsa dan negara Indonesia.Hal ini dikarenakankemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari semangat persatuan dan kesatuan yang sangat tinggi bangsa Indonesia sendiri. Jadi, semangat ini harus tetap dipertahankan untuk persatuan bangsa dan menjaga wilayah kesatuan Indonesia.

  

HAKIKAT WAWASAN NUSANTARA

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan nusantara dimana cara pandang yang ada dalam nusantara untuk mencapai keutuhan nasional. Jadi hakikat wawasan nusantara adalah dimana sikap dan tidak kita menunjukkan bahwa kita adalah warga negara Indonesia yang memiliki peran penting untuk memajukan Indonesia. Dengan begitu setiap orang bisa berpartisipasi dalam kesatuan negara Indonesia. Hal ini bisa mencegah perpecahan antar warga negara yang sering menimbulkan masalah dalam negara. Oleh karena itu dengan berpedoman pada wawasan nusantara kita bisa menjaga keutuhan bangsa dengan mendukung pembangunan nasional yang sesuai dengan tujuan nasional. Kondisi ini diwujudkan untuk mencapai tujuan nasional yang berhasil.


FUNGSI WAWASAN NUSANTARA

Berikut ini adalah fungsi dari wawasan nusantara.

1. Mampu menjaga konsepsi ketahanan nasional dimana konsep pembangunan nasional, pertahanan kemanan dan kewilayahan.
2. Wawasan pembangunan yang memiliki cakupan politik, kesatuan ekonomi bahkan kesatuan sosial dan politik yang berdampak pada kesatuan pertahanan dan keamanan.
3. Wawasan pertahanan keamanan dimana wawasan nusantara bisa menjaga keutuhan dan kemananan negara yang menjadi kekuatan negara.
4. Dan yang terakhir adalah wawasan wilayah yang berkaitan dengan perbatasan negara.






BERITA ONLINE


UKM UPH Bawa Misi Budaya Nusantara ke Festival Folklore Spanyol
Ari Sandita Murti, nasional.sindonews.com
Senin,  3 Agustus 2015  −  03:11 WIB

JAKARTA - Indonesia kembali mengirimkan tim budaya ke luar negeri. Kali ini misi budaya diwakili oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Pelita Harapan, Bireun Seudati, ke Festival Folklore di Spanyol.

Rencananya, misi budaya akan menampilkan 6 tarian budaya nusantara, seperti tarian dari Betawi, Papua, dan Aceh. MNC Play menjadi salah satu sponsor keberangkatan Bireun Seudati untuk memperkenalkan tarian-tarian nusantara.

"Kami dapat undangan untuk ikut dan mewakili Indonesia di Festival Folklore di Spanyol yang di gelar pada tanggal 7-24 Agustus 2015 nanti. Kami akan tunjukan pada dunia budaya Indonesia yang indah dan tidak kalah bagusnya dengan negara lain. Pesertanya ada 15 negara yang ikut, seperti Turki dan Indonesia ini," terang Ketua Panitia Bierun Seudati Periode 2015 Rafida Fahira dalam acara Malam Gelar Pamit di Gedung Kesenian Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (2/8/2015).

Menurutnya, tim Bireun Seudati yang berjumlah 23 orang itu telah mempersiapkan diri selama enam bulan. Mereka telah berlatih untuk menyuguhkan enam tarian nusantara.

"Kami akan menampilkan 6 tarian daerah nusantara, seperti tarian Dayak bernama Seraun, tari nona Wandama dari daerah Papua, lalu tarian dari daerah Aceh, dan juga tari-tarian dari daerah Betawi," jelasnya.

Salah seorang penari, Larasati, yang juga sebagai Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan menuturkan, misi budaya yang diembannya itu merupakan hal yang membanggakan. Di Festival Folklore di Spanyol nanti, Larasati akan membawakan tari dari Aceh dan Papua.

"Kami harap, tenaga kami selama persiapan 6 bulan ini dapat membuahkan hasil tarian yang maksimal dan bagus dalam acara Festival Kebudayaan Internasional itu," harap Larasati




 KOMENTAR SAYA :

Suatu kebanggaan bagi bangsa indonesia dapat memperoleh kesempatan untuk mengirimkan perwakilannya ke acara festival di spanyol. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan untuk memperlihatkan kebudayaan  negara kita kepada negara lain khususnya negara-negara bagian eropa agar budaya di indonesia semakin terkenal.

Saya rasa hal ini merupakan sinyal positif yang patut di contoh untuk para mahasiswa dan juga masyarakat indonesia tentunya agar lebih bersemangat lagi dalam menjaga dan melestarikan budaya di indonesia. kebudayaan kita ini memang harus tetap terjaga dan lestari di mata dunia, bahkan jika perlu di diterapkan di aktivitas sehari-hari di indonesia, misalnya memakai batik di kantor, melantunkan musik adat di sebuah mall besar di indonesia dan lain sebagainya agar banyak masyarakat yang semakin tertarik untuk menjaga kebudayaan kita.

Salah satu ukm di universitas swasta di indonesia telah di tunjuk untuk membawa nama indonesia. Mereka yang telah berlatih keras untuk tarian nusantara yang nantinya akan dipamerkan dalam festival folklore yang berlangsung di spanyol ini, semoga tidak mengecewakan.

Namun sayangnya hanya beberapa tarian saja yang mampu di bawakan oleh negara kita karena terbatasnya waktu dan tempat. Dari banyak nya tarian adat indonesia diambil dari beberapa provinsi saja untuk mewakilinya yaitu Aceh,Papua dan Betawi, tentu suatu kebanggaan bagi universitas tersebut dapat mengusung nama baik bangsa untuk di publikasikan ke dunia luar.

Sungguh hal yang sangat mengesankan, budaya niusantara indonesia bisa terbang sampai ke spanyol..


REFERENCE :




Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages