SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 8 (SOFTSKILL)

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 8 (SOFTSKILL)

Posted by Blognya ivan on Sunday 31 December 2017



Nama   : IFAN EFENDI
NPM   : 1B117043

Soal :
A.
1. Apa yang anda ketahui tentang Stratifikasi atau pelapisan sosial ?
Jawab :
Pelapisan sosial merupakan pembeda  tinggi dan rendahnya kedudukan atau posisi seseorang dalam kelompoknya, jika dibandingkan dengan posisi seseorang maupun kelompok lainnya. Tinggi dan rendahnya lapisan sosial itu disebabkan oleh bermacam-macam perbedaan, seperti kekayaan di bidang ekonomi, nilai-nilai sosial, serta kekuasaan dan wewenang.

2. Jelaskan beberapa teori pelapisan sosial menurut para ahli minimal 3 (tiga) ?
Jawab :
1.      Pitirim A. Sorokin mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai perbedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas yang tersusun secara bertingkat (hierarki).
2.      Max Weber mendefinisikan stratifikasi sosial sebagai penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hierarki menurut dimensi kekuasaan dan prestise.
3.      James W. Vander Zanden mendefinisikan, social stratification is a structured rangking of individuals and groups-their grading into horizontal layers or strata. Jadi, stratifikasi adalah struktur tingkat individu dan kelompok  yang digolongkan ke dalam lapisan-lapisan tertentu.



3. Apa yang menyebabkan terjadinya pelapisan sosial ?
Jawab :
  • Terjadi Dengan Sendirinya
Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Adapun orang-orang yang menduduki lapisan tertentu dibentuk bukan berdasarkan atas kesengajaan yang disusun sebelumnya oleh masyarakat itu, tetapi berjalan secara alamiah dengan sendirinya. Oleh karena itu sifat yang tanpa disengaja inilah yang membentuk lapisan dan dasar dari pada pelapisan itu bervariasi menurut tempat, waktu, dan kebudayaan masyarakat dimana sistem itu berlaku.
  • Terjadi Dengan Sengaja
Sistem pelapisan ini dengan sengaja ditujukan untuk mengejar tujuan bersama. Dalam sistem ini ditentukan secara jelas dan tegas adanya kewenangan dan kekuasaan yang diberikan kepada seseorang.
Beberapa kriteria yang menyebabkan terjadinya stratifikasi sosial adalah sebagai berikut:
·         Ukuran Kekayaan
Seseorang yang memiliki kekayaan paling banyak termasuk dalam lapisan teratas. Kekayaan tersebut dapat dilihat melalui ukuran rumah, mobil pribadi, cara berpakaian, dan sebagainya.
·         Ukuran Kekuasaan
Seseorang yang memiliki wewenang terbesar menempati lapisan paling atas. Misalnya saja presiden, menteri, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, hingga ketua RT.
·         Ukuran Kehormatan
Orang yang paling disegani dan dihormati biasanya mendapatkan tempat paling tinggi. Ukuran ini banyak dijumpai pada pada masyarakat tradisional. Biasanya mereka adalah golongan tua atau mereka yang pernah berjasa.

·         Ukuran Ilmu Pengetahuan
Seseorang yang memiliki derajat pendidikan yang tinggi menempati posisi teratas dalam masyarakat. Misalnya, seorang sarjana lebih tinggi tingkatannya daripada seorang lulusan SMA. Akan tetapi, ukuran tersebut kadang menyebabkan terjadinya efek negatif karena ternyata bukan mutu ilmu pengetahuannya yang menjadi ukuran, melainkan ukuran gelar kesarjanaannya.
Ukuran-ukuran diatas tidaklah bersifat limitatif. Masih banyak ukuran-ukuran lain yang dapat digunakan untuk menentukan stratifikasi sosial masyarakat.

4. Bagaimana menurut anda menyikapi stratifikasi atau pelapisan sosial ?
Jawab :
Adanya stratifikasi sosial dalam masyarakat membuat setiap diri menjadi lebih waspada dan juga lebih memahami bahwa sifat dan kehidupan masyarakat di dunia memang beragam dan tidak bisa kita atur atau disamakan semuanya sesuai dengan kehendak diri kita. Kita juga harus lebih waspada agar tidak terkena dampak buruk dari proses kehidupan tersebut.
B
1. Apa yang anda ketahui tentang Persamaan Derajat di Indonesia ?
Jawab :
Persamaan derajat adalah sifat perhubungan antara manusia dengan lingkungan masyarakat umumnya timbal balik, artinya orang sebagai angota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara.
Hak dan kewajiban penting ditetapkan dalam undang-undang/ konstitusi. Undang-undang tersebut berlaku bagi semua orang tanpa kecuali dalam arti semua orang memiliki kesaman derajat. Kesamaan derajat ini terwujud dalam jaminan hak yang diberikan dalam berbagai sektor kehidupan. Hak inilah yang dikenal sebagai hak asasi manusia.


2. Jelaskan Persamaan hak azasi manusia menurut Declaration of Human Right  ?
Menurut Declaration of Human Rights dibagi jadi 6 bagian:
1.      personal rights atau hak asasi pribadi (bebas bergerak, memeluk agama, berpendapat, dsb)
2.       property rights atau hak asasi ekonomi (membeli dan menjual)
3.      rights of legal quality atau hak dalam hukum (mendapat keamanan dan perlindungan)
4.      political rights atau hal politik (boleh memilih dan dipilih, mendirikan parpol,dll)
5.      social and culture rights atau hak sosial (hak pendidikan, hak mengembangkan budaya
6.      procedural rights atau hak asasi mendapatkan tata cara peradilan dan perlindungan (hak yg wajar dan adil dalam penggeledahan, penangkapan, pembelaan, dll)
C
1. Apa yang anda ketahui tentang Elite & Massa ?
Elite
Pengertian elit secara umum, menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi. Sedangkan dalam arti lebih khusus yaitu sekelompok orang-orang terkemuka dibidang-bidang tertentu dan khususnya golongan kecil yang memegang kekuasaan. Dalam cara pemakaiannya yang lebih umum elit dimaksudkan posisi dalam masyarakat di puncak struktur-struktur sosial yang terpenting, yaitu posisi tinggi dalam ekonomi, pemerintahan aparat kemiliteran, politik, agama, pengajaran dan pekerjaan-pekerjaan dinas.
Massa
            Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spotnan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tetapi yang secara fundamental berbeda dengannyadalam hal-hal yang lain. Massa diwakili oleh orang-orang yang berperanserta dalam perilaku missal seperti mereka yang terbangkitkan minatnya oeleh beberap peristiwa nasional, mereka yang menyebar di berbagai tempat, mereka yang tertarik pada suatu peristiwa pembunuhan sebgai dibertakan dalam pers atau mereka yang berperanserta dalam suatu migrasi dalam arti luas.

Peranan Elit Terhadap Massa
Elit sebagai minoritas yang memiliki kualifikasi tertentu eksistensinya sebagai kelompok penentu dan berperan dalam masyarakat diakui secara legal oleh masyarakat. Kelompok elit penentu lebih banyak berperan dalam mengemban fungsi sosial sebagai berikut:
  • Elit penentu dilihat sebagai lembaga kolektif yang merupakan pencerminan kehendak rakyat
  • Sebagai lembaga politik, elit penentu berperan memajukan kehidupan masyarakatnya dengan memberikan pemikiran konsepsional.
  • Elit penentu memiliki peranan moral dan solidaritas kemanusiaan baik dalam pengertian nasionalisme maupun universal.
  • Elit penentu lainnya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pemuasan hedonik/ kesenangan, atau pemuasan intrinsik/hakiki. Kelompok elit yang bertugas memenuhi kebutuhan ini bekerja dengan pertimbangan nilai estetis. Disinilah kehadiran para seniman, sastrawan, komponis dll.

Sumber :

Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages