SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » Materi Manajemen Umum : 4 Tahap Dasar Perencanaan

Materi Manajemen Umum : 4 Tahap Dasar Perencanaan

Posted by Blognya ivan on Sunday 19 October 2014



TUGAS MANAJEMEN UMUM
MEMBUAT USAHA DENGAN 4 TAHAP DASAR PERENCANAAN


Nama      : Ifan efendi
NPM       : 35114091
Kelas      : 1DB02

UNIVERSITAS GUNADARMA


BAB I
PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak dan harga yang relatif murah namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifatnya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Dari pemikiran tersebut kami telah melakukan observasi lapangan mengenai peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah satunya yaitu usaha penjualan Tahu mini extraHOT” dengan Isi berkualitas. Selain jenis makanan ini masih jarang ditawarkan, ketersediaan bahan baku dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit juga merupakan hal yang dapat dipertimbangkan agar kegiatan usaha ini layak untuk dijalankan.
Pembuatan “Tahu mini extra HOT” yang dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.
Dengan pengembangan konsep yang berbeda dengan jenis usaha lain yang sudah ada baik dari segi resep, penyajian, kemasan maupun merek dagang, kita akan memiliki kekuatan untuk mendatangkan minat pembeli agar tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan, yaitu usaha makanan "Tahu mini extraHOT" untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas Indonesia tersebut.






BAB II
ISI RENCANA USAHA

1.VISI DAN MISI

·        VISI
            Memberikan kualitas makanan dan produksi yang unggul, terjamin ,dan bermutu tinggi serta sesuai dengan keinginan masyarakat

·        MISI
1.      Menjamin kesterilan makanan
2.      Memproduksi makanan dengan harga yang terjangkau sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat di indonesia
3.      Menjadikan salah satu produksi dalam negeri bisa digemari oleh masyarakat luas
4.      Menjadikan makanan yang  tadinya biasa menjadi luar biasa dan disukai banyak orang


·        IDENTIFIKASI USAHA
·         Nama Usaha         : Tahu mini ExtraHOT
·         Pemilik Usaha       : Ifan Efendi
·         Alamat Usaha       : Jl.Raya menteng dalam no.5 Jakarta selatan
·         Contac Person       : 087742162534

·        RENCANA ORGANISASI

Manajemen      :           1 Orang
Produksi          :           1 Orang
Pemasaran       :           2 Orang
Keuangan        :           1 Orang

Dan tingkat pendidikan MINIMAL Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) sederajat.
BAB III
ANALISIS USAHA

ANALISIS USAHA

Kami bergerak dalam bidang kuliner. Kami tertarik untuk melakukan usaha ini karena kebanyakan orang di indonesia sangat menyukai kuliner, sebuah makanan yang praktis dan lezat serta mudah dijumpai diberbagai tempat .maka dari itu kami menciptakan sebuah produk makanan yang  enak, berkualitas serta bergizi tinggi. Sebuah makanan yang berbahan baku dari Kedelai yang penuh manfaat untuk kesehatan tubuh. Tahu mini extraHOT  adalah makanan yang enak ,praktis dan bergizi tinggi serta sangat menggugah selera bagi para konsumenya.
Perusahaan kami terbentuk karena animo masyarakat.

MODAL USAHA
                        Modal awal usaha kami sebesar Rp.20.000.000 yang berasal dari investasi dan modal sendiri
KEISTIMEWAAN PRODUK     :
·         Kemasan makanan praktis dan hemat
·         Bergizi tinggi dan halal
·         Hidangan cepat saji yang dapat di terima oleh semua kalangan baik dari anak kecil maupun orang dewasa
·         Jajanan Tahu mini extraHOT adalah makanan yang murah meriah selain enak di konsumsi dengan nasi/teman makan
·         Tidak menggunakan bahan pengawet yang dapat membahayakan bagi kesehatan
·         kandungan Tahu mini extraHOT yang sangat kaya protein kedelai,Tahu sendiri telah terbukti secara medis memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol sebanyak 30 persen LDL (kolesterol jahat) dapat berkurang sebanyak 35-40 persen
·          mengurangi terjadinya pembekuan darah, bahkan meningkatkan tingkat HDL (kolesterol baik).


BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA

JENIS USAHA
Kami menjual sebuah Tahu yang telah diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa yang berbea dari makanan tahu yang kebanyakan dijual dipasaran. Kami memulai usaha ini dari sebuah ide dan gagasan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat.  Makanan yang kami produksi terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak menggunakan bahan pengawet dalam setiap produksi makanan kami .kami menjamin kesterilan makanan dan asupan gizi yang terkandung dalam makanan tersebut.


PROSPEK USAHA
Prospek usaha kami kedepannya adalah untuk membuka cabang di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk memperkenalkan produk kami kepada seluruh masyarakat diindonesia khususnya di Ibu kota Jakarta .serta untuk memperluas bidang usaha kami, kami juga akan mempromosikan produk “Tahu mini extraHOT“ kami ini melalui media informasi atau jejaring sosial untuk memperluas sepengetahuan masyarakat tentang produk “Tahu mini extraHOT” yang kami jual ini.    







BAB V
RENCANA PRODUKSI
Target produksi pembuatan Tahu mini extraHOT sebanyak 400 sampai 500 butir perhari dengan 10 butir Tahu perkemasan
BAHAN BAKU DAN PENGUNAANNYA
Bahan-bahan untuk membuat Tahu mini extraHOT   :
·         Kedelai putih/kuning berbiji besar-besar (5 kg). 
·         Bibit tahu
·         Air Bersih
·         asam cuka (kadar 90 %) 
·         bubuk cabai
·         minyak goring
·         tepung terigu
Alat Untuk Membuat  :
·         Ember besar
·         Tampah (nyiru)
·         kain saring (kain blacu)
·         kain pengaduk
·         Cetakan
·         Keranjang
·         rak bambu
·         tungku atau kompor
·         alat penghancur (alu)
alat tambahan untuk mengoreng :
·         wajan penggorengan besar
·         kompor gas
·         kuali/sodet
·         saringan
·         sorok besar
·         sorok kecil
·         wadah stainless steel
·         tatakan
·         pengocok adonan
·         baskom



Cara Pembuatan Tahu mini extraHOT   :        
1.      Kedelai dipilih yang besar-besar dengan cara menampi menggunakan tampah/nyiru.
2.      kemudian di cuci serta direndam dalam air bersih selama 8 jam ( 15 liter air untuk 5 kg kedelai) agar biji kedelai mengembang.
3.      Setelah di rendam biji kedelai dicuci berkali-kali, karena kalau kurang bersih maka tahu yang dihasilkan akan cepat asam. Biji kedelai yang sudah bersih kemudian ditumbuk dan ditambah air hangat sedikit demi sediki sampai jadi bubur. Berikutnya masak bubur kedelai tersebut jangan sampai mengental pada suhu 70-80ºC (ditandai dengan adanya gelembung-gelembung kecil), selama 15 - 20 menit dengan menggunakan wajan berukuran besar.
4.      Sebaiknya jarak waktu antara selesai digiling dan dimasak jangan lebih dari 5 - 10 menit, supaya kualitas tahu menjadi baik.
5.      Selesai di masak bubur kedelai diangkat dari wajan dan dituang ke dalam tong untuk disaring menggunakan kain belacu atau mori kasar dan dilakukan berali-kali dengan menuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan. Agar air yang masih ada pada bubur kedelai terperas semua,  Kalau perlu ampas tahu diperas lagi dengan menyiram air panas sampai tidak mengandung sari lagi. Pekerjaan penyaringan di lakukan berkali-kali hingga bubur kedelai habis.
6.      Setelah itu masukan bubuk cabai kedalam tong yang berisi bubur kedelai untuk penambah rasa pedas pada tahu, lalu aduk adonan hingga merata
7.      Air sampingan yang tertampung dalam tong warna kuning atau putih adalah bahan yang akan menjadi tahu. Untuk menggumpalkan, air saringan tersebut di campur dengan 15 ml asam cuka (untuk 5 liter air sari kedelai). Sebagai tambahan asam cuka dapat juga air kelapa atau cairan whey (air sari tahu bila tahu telah menggumpal) yang telah di eramkan.
8.      Gumpalan atau jonjot putih yang mulai mengendap itu yang nanti di cetak menjadi tahu. Air asam yang masih ada dipisahkan dari jonjot-jonjot tahu dan disimpan, karena air asam cuka masih dapat digunakan lagi.
9.      Endapan tahu dituangkan dalam kotak ukuran 50 x 60 cm² dan sebagai alasnya di hamparkan kain belacu. Adonan tahu kotak dikempa, sehingga air yang masih tercampur dalam adonan tahu itu terperas habis. Pengempaan dilakukan sekitar 1 menit, adonan tahu terbentuk kotak, yang sudah padat, di potong-potong, dengan ukuran 4 x 2 cm², sebelum menjadi tahu siap untuk digoreng.

                                                                       



Cara memasak    :

1.      Siapkan wajan/penggorengan, sorok ,saringan serta alat penggorengan lain   
2.      Siapkan beberapa bahan baku tahu yang mau digoreng ,disesuaikan dengan besarnya wajan dan banyaknya minyak goreng di wajan.
3.      Masukan minyak goreng ke wajan di sesuaikan dengan ukuran wajan dan nyalakan api sampai minyak sudah hangat
4.      Kemudian baru setelah minyak udah mulai agak panas masukan tahu yang telah disiapkan tadi ke wajan dan mulailah menggoreng dengan cara diaduk-aduk.
5.      Dari awal memasukan tahu sampai kira-kira 10 menit menggunakan suhu api rendah-suhu api sedang, baru setelah tahu mekar menjadi besar(>10 menit) maka barulah suhu api di naikan sampai suhu tinggi, supaya tahu segera kering kulit bagian luarnya dan dinyatakan matang bisanya antara 5-10 menit, jadi total waktu penggorengan dari awal sampai akhir yaitu antara 15-20 menit.
6.      Dan dari awal sampai akhir penggorengan tahu terus diaduk-aduk atau digoyang-goyang supaya matang nya merata.
7.      Setelah tahu matang ,lalu tiriskan dengan saringan lalu biarkan sejenak supaya minyak yang ada didalam tahu tersebut tiris
8.      Sesudah tahu siap ,masukan tahu ke dalam kemasan dengan menambahkan bumbu pedas khas “Tahu mini extraHOT” yang telah disediakan ,lalu taburkan bumbu lain serta bungkus kemasan Tahu mini extraHOT
9.      Tahu siap untuk dijual.   








BAB VI
RENCANA PERMODALAN
Investasi Awal
Rp. 20.000.000


Estimasi Pendapatan

Omzet Per hari ( 400 tahu x Rp.2.000,- )
Rp.800.000,-
Omzet Per bulan ( 30 hari )
Rp. 24.000.000,-

Paket rincian penjualan Tahu mini extraHOT
ITEM
JUMLAH
HARGA
Booth Tahu mini extraHOT
2 gerobak
Rp.2.000.000,-
Kompor gas
2 buah
Rp.600.000,-
Kuali + sodet
2 paket
Rp.100.000,-
Serok besar
2 buah
Rp.150.000,-
Serok kecil
2 buah
Rp.100.000,-
Saringan
2 buah
Rp.80.000,-
Jepitan
2 buah
Rp.10.000,-
Tatakan
2 buah
Rp.40.000,-
Wadah stainless steel
2 buah
Rp.130.000,-
Gelas ukur
2 buah
Rp.50.000,-
Whuisk / pengocok adonan
2 buah
Rp.50.000,-
Baskom
2 buah
Rp.30.000,-
Kantong kertas kecil
50 lembar
1 het Rp.20.000,-
Kantong kertas besar
30 lembar
1 het Rp.35.000,-
Bahan baku siap jual
 10 box

bahan terpal
 2 buah
Rp.400.000,-
Container tahu
10 box
Rp.500.000,-
Tabung gas dan isi
2 tabung
(Rp.20.000 x 2)  =Rp.40.000,-
Selang gas & Regulator
2 set
Rp.300.000,-
Temapat sampah
2 buah
Rp.30.000,-
Galon air minum
2 galon
Rp.50.000,-



Total

 Rp.4.715.000,-





Pengeluaran

Bahan Baku ( tahu ) : 400 pcs x 30 hari x Rp. 1.325
Rp.5.900.000
Minyak 12 cc x 400 tahu x 30 hari x Rp 10
Rp.1.440.000
Gas 400 x 30
Rp.480.000
Kantong 400 x 30
Rp.960.000
Kresek 400 x 30
Rp.240.000
Transport pengambilan tahu 30 x Rp 10.000
Rp.300.000
Sewa tempat
Rp.400.000
Gaji karyawan
Rp.990.000 x 5 orang


Total pengeluaran
Rp.15.660.000
Total keseluruhan Pengeluaran
Rp.15.660.000 + Rp.4.715.000 = Rp.20.375.000
Nett Laba Bersih ( Keuntungan bersih )
Rp3.625.000

 (Dari penjualan 400 tahu/hari )








Yang perlu dimiliki mitra Tahu mini extraHot
Kewajiban Mitra Tahu mini extraHOT
1.
Kesungguhan hati untuk fokus pada usaha ini,bukan sekedar iseng - iseng
1.
Mengawasi penampilan dan kinerja karyawan
setiap hari




2.
Mempunyai lokasi yang menjanjikan
2.
Memperhatikan kondisi setiap alat yang
digunakan




3.
Menyiapkan motor untuk mengambil
bahan baku di Pusat
3.
Memperhatikan kebersihan gerobak dan juga
peralatan





4.
Membayar uang sewa tempat berdagang




5.
Melakukan pemesanan sesuai ketentuan




6.
Membagikan brosur ke wilayah sekitar lokasi dagang



BAB VII
RENCANA PEMASARAN

1.ANALISIS PERSAINGAN USAHA

A.   Kelebihan produk
·         Tidak menggunakan pewarna, pengawet atau zat adiktif lainnya yang bisa membahayakan kesehatan
·         Bahan baku mudah didapat
·         Rasa lebih mantap dan gurih

B.   Kelemahan produk
·         Belum banyak peminat
·         Masih jarang ditemui di berbagai tempat

C.   Keuntungan produk
·         Dapat dikonsumsi oleh semua orang
·         Praktis serta hemat

D.    Ancaman usaha
·         Selera Konsumen selalu berubah-ubah
·         Munculnya usaha/penjual produk yang sama dengan usaha kami
·         Persaingan di lapangan maupun minat dari konsumen sendiri








BAB VIII
RESIKO DAN ANTISIPASI

1.RESIKO YANG MUNGKIN TERJADI DALAM USAHA
·         Risiko Keuangan
Jenis risiko yang disebabkan oleh faktor-faktor keuangan. Misal kerugian dalam pembayaran ,transaksi dan pembelian produk.
·          Risiko Operasional
Adalah jenis risiko yang disebabkan oleh faktor-faktor operasional,seperti faktor manusia, teknologi produksi,sistem operasional dan sebagainya

2.ANTISIPASI YANG TERJADI DALAM USAHA

1.  Selalu membuat bahan pokok dengan kualitas dan mutu terbaik
2.  Memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan
3.  Memeriksa/mengecek produk sebelum memasarkan
4.  Melakukan pengecekan data pemasukan dan pengeluaran setiap harinya


BAB IX
PENGEMBANGAN USAHA
Untuk kedepanya pengembangan usaha, kami akan melakukan sebuah experiment untuk mengembangkan Tahu mini extaHOT kami ini menjadi sebuah makanan yang lebih digemari oleh para konsumen dengan menambah citarasa yang khas serta bentuknya yang mungil, kami yakin para konsumen akan lebih tertarik untuk mencoba produk Tahu mini extraHOT kami untuk kedepanya. untuk lebih memudahkan pelanggan menemukan booth Tahu mini extraHOT .kami mencoba mengembangkan usaha ini di berbagai tempat, namun karena kurangnya investasi serta modal yang harus dikeluarkan untuk biaya saat ini operasional kami hanya baru membuka 2 cabang di dua lokasi yang berbeda saja yaitu di margo city dan di kelapa dua Depok.

BAB X
KESIMPULAN
Kesimpulan
Demikian proposal ini saya susun dengan harapan usaha yang saya dirikan dapat di segera terwujud dan dapat diterima oleh masyarakat luas .Pembuatan proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang peluang dalam dunia usaha. Dari pendirian usaha ini,saya menyimpulkan bahwa berdirinya perusahaan ini karena adanya minat masyarakat terhadap makanan yang cepat saji dan praktis serta permintaan pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini. Selain itu saya mendirikan perusahaan Tahu mini extraHOT ini juga mempunyai tujuan untuk membantu masyarakat sekitar dan pemerintah untuk mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.
Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini kecuali yang Maha Kuasa. Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak kekurangan, untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna lebih baiknya penyusunan proposal saya yang selanjutnya. Serta saya berharap agar pelaksanaan usaha yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti harapan saya.

Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages