SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » Tugas softskill manajemen umum (tentang organisasi)

Tugas softskill manajemen umum (tentang organisasi)

Posted by Blognya ivan on Tuesday 11 November 2014


     TUGAS MANAJEMEN UMUM
 
   MENJELASKAN TENTANG ORGANISASI    BESERTA ORGANISASI YANG KITA IKUTI

  



Pendahuluan

Apa itu Organisasi?

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu, terutama sosiologi,ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisis organisasi (organization analysis)

Organisasi pada dasarnya merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya (dana, material, lingkungan, metode, sarana, prasarana, data) dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama




Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi



Definisi Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu,terutama sosiologi, ekonomi, ilmu politik, psikologi, dan manajemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies), perilaku organisasi (organizational behaviour), atau analisa organisasi (organization analysis).

Definisi Menurut Para Ahli
Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu sama lain, dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan), sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.



Menurut para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :

1.     Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubunganyang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuanbersama.
2.     James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.     Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
4.     Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
5.     Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikanorganisasi ialah setiap bentuk persekutuan antara dua  orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.
6.     Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakanorganisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat dan wadah saja.
7.     Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakanorganisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orangpemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-samamencapai tujuan tertentu.
8.     James D Mooney berpendapat bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.
9.     Chester L Bernard (1938) mengatakan bahwa Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama memiliki visi dan misi yang sama.
10. Paul Preston dan Thomas Zimmerer mengatakan bahwa Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).

Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angkapengangguran.
Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.







Macam-Macam Organisasi

Berdasarkan bentuknya organisasi dapat di klasifikasikan kedalam 4 jenis yakni :
1.     Organisasi garis
Merupakan bentuk organisasi yang tertua,paling sederhana,organisasinya terbilang masih kecil,jumlah karyawan masih sedikit sehingga saling mengenal satu sama lain dengan baik dan spesialisasi kerjanya belum tinggi.
2.     Organisasi garis dan staff
Bentuk organisasi ini dipakai oleh organisasi besar, cakupan kerjanya luas, bidang tugas yang dikerjakan beraneka ragam dan rumit kemudian karyawan yang dimiliki banyak.
3.     Organisasi fungsional
Bentuk organisasi yang dibentuk atas dasar fungsi-fungsi yang dijalankan,organisasi ini di terapkan pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan secara jelas.
4.     Organisasi panitia
Organisasi yang terbentuk hanya untuk sementara waktu saja,setelah tugas selesai maka selesailah organisasi tersebut.
Kemudian di bawah ini jenis organisasi berdasarkan banyaknya pemimpin :
a.      Organisasi proyek
Organisasi yang membentuk team-team spesialisasi untuk mencapai tujuan khusus, manjer proyek mempunyai wewenang untuk memimpin para anggota team selama jangka waktu proyek, jika telah selesai maka akan dibubarkan  organisasi tersebut.
b.     Organisasi matrik
Organisasi ini seraya dengan organisasi proyek namun yang membedakannya dengan proyek adalah organisasi matriks dimana karyawan memiliki dua atasan yang memiliki wewenang berbeda.



Namun secara umum organisasi dibedakan dalam beberapa jenis diantaranya :
               


       Organisasi kemasyarakatan/social
       Organisasi kemahasiswaan
3           Organisasi politik
4           Organisasi dunia/kenegaraan dan sebagainya.

Contoh macam-macam organisasi :

UN = United Nation = PBB (1945)

UNICEF = United Nations International Childrens Emergency Fund (1946), namun namanya diganti setelah thn 1953 menjadi: United Nations Children’s Fund.

UNESCO = the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (16 November 1945)

UNCHR = United Nations Commission on Human Rights (2006)

UNHCR = Uited Nations High Commissioner for Refugees (14 Desember 1950)

UNDPR = The United Nations Division for Palestinian Rights (2 Desember 1977)

UNSCOP = The United Nations Special Committee on Palestine (May 1947, oleh 11 negara)





Organisasi Yang Saya Ikuti

Organisasi yang saya ikuti dan yang sampai sekarang masih aktif adalah “Comma Graphic Design” (Community Mahasiswa Graphic Design) atau yang sebelumnya disebut dengan“Graphic Design UG”. komunitas ini berdiri pada tanggal 30 September 2014, bermula dari hobi para mahasiswa Gunadarma yang senang dengan seni desain dan kreatifitas Kemudian dikembangkan dalamsebuah wadah organisasi yang bernama “Comma Graphic Design”,komunitas / organisasi ini dari pertama terbentuk telah mempunyai cukup banyak anggota dan juga telah dibentuk susunan organisasinya yang diantaranya ada ketua, wakil ,dan sekertaris yang sudah dibagi lagi menjadi beberapa sub kelompok/seksi-seksi beserta tugasnya masing-masing .Dalam organisasi ini para anggota biasanya dibebaskan untuk berkreatifitas dalam menciptakan karya seninya masing-masing dalam bentuk gambar maupun seni lain melalui media digital /computer yang dibuat dalam bentuk softcopy dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang ada di dalam computer ,seperti :photoscape, coreldraw, photoshop, xiu-xiu ,scetchup ,dll yangjuga dapat dituangkan pada sebuah media cetak atau objek nyata lainnya sehingga jika dijual/dipasarkan dapat menghasilkan nilai jual yang tinggi dan dapat menghasilkan keuntungan bagi orgainsasi tersebut maupun bagi anggota perseorangan kelompok, serta organisasi inidapat dijadikan sebagai kegiatan diluar aktivitas perkuliahan bagi para mahasiswa atau yang biasa disebut dengan UKM.

·        Dalam organisasi ini saya menjabat sebagai seksi pemasaran pada periode tahun 2014

Tugas saya sebagai seksi pemasaran adalah :

  •         Memperkenalkan komunitas “Comma Graphic Design” kepada mahasiswa lain serta masyarakat luas agar lebih mengetahui kegiatan organisasi kami
  •         Menawarkan jasa pembuatan seni grafis kepada para konsumen/masyarakat maupun kepada sesama mahasiswa
  •         Memperkenalkan / mempromosikan desain-desain yang sudah dibuat kepada konsumen untuk dijual dalam bentuk softcopymaupun diaplikasikan dalam sebuah objek/media yang mereka kehendaki ,seperti ; baju, kaos, jaket ,topi ,dll
  •    Menjadikan nama komunitas “Comma Graphic Design” terkenal dan disukai banyak orang




    VISI & MISI ORGANISASI


    VISI
    COMMA GRAPHICDESIGN dalam fungsinya sebagai Design Graphic Organization yang berupaya mempelajari, mengembangkan, dan menjual, kemampuan seni dalam hal desain grafis yang bermanfaat khususnya bagi anggota dan Mahasiswa Universitas Gunadarma

    MISI
    1.     Mengembangkan sarana dan prasarana yang ada supaya di masa yang akan datang dapat berinfoasi dengan dunia desain
    2.     Meningkatkan Koordinasi dan Kerjasama antara anggota
    3.     Memberanikan diri dalam mengikuti lomba desain
    4.     Mengembangkan jaringan bisnis yang menguntungkan kepenjuru dunia
    Menyediakan desain desain inovatif bermutu tinggi dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan





STRUKTUR ORGANISASI











DOKUMENTASI






Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages