SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » Sistem Informasi Manajemen 1

Sistem Informasi Manajemen 1

Posted by Blognya ivan on Thursday 1 October 2015

Nama  : Ifan Efendi 
NPM   : 35114091
Kelas  : 2DB01

1.     Dari Uraian singkat mengenai definisi Informasi yang anda ketahui, kebutuhan informasi apa  yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemennya ?
   Sebut dan Jelaskan Hal tersebut berikut Contoh Perusahaan yang memanfaatkan Informasi tersebut (seperti contoh Perusahaan SAMPOERNA. Cari contoh lainnya Minimal 1 perusahaan.)

Jawaban :

     Informasi adalah  data yang telah diolah yang berguna bagi seseorang sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Tanpa informasi seseorang tidak dapat memperoleh keputusan  yang akurat bagi perusahaan maupun didalam manajemen perusahaan. Data seseorang dapat menjadi Informasi bagi orang lain. Untuk sebuah perusahaan, pastinya membutuhkan informasi untuk mengembangkan manajemennya
   kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahaan dalam mengembangkan manajemenya adalah:

-         Pemasaran Produk:
    pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang ataujasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
-         Promosi Perusahaan:
     promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumenuntuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsenatau distributor mengharapkan kenaikannya angka.
-         Kualitas barang:
      kualitas atau mutu adalah tingkat baik buruknya atau taraf atau derajat sesuatu.
-          Adm.Keuangan:
     usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelengaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.

     Contoh perusahaan  yang menerapkan SIM adalah pada PT. Kokoh Inti Arebama. PT Kokoh Inti Arebama merupakan perusahaan distributor terbesar bahan-bahan bangunan yang didirikan pada tahun 2004. Dalam tahun pertamanya, perusahaan telah berhasil mengembangkan bisnisnya dengan pesat didukung oleh jaringan distribusi yang kuat di 14 kota di Indonesia. Selama tahun 2004, perusahaan telah mendistribusikan produk-produk bahan bangunan kepada sekitar 2.500 outlet-outlet ritel di seluruh Indonesia. Salah satu prinsipal terbesar perusahaan saat ini adalah PT KIA Keramik yang baru-baru ini memenangkan ICSA Awards kedua kalinya dari majalah SWA. Tahun ini, PT Kokoh Inti Arebama berencana menambah jaringan distribusinya menjadi 16 cabang di akhir tahun nanti dan target menjadi 20 cabang di 20 kota pada tahun 2006 mendatang. Dengan penambahan jumlah cabang diharapkan perusahaan dapat melayani sekitar 2.940 outlet pada akhir tahun ini dan sebanyak 3.500 di tahun 2006. Sebagai salah satu pemain di industri bahan bangunan, PT Kokoh Inti Arebama dituntut untuk terus berinovasi dan menyediakan layanan yang memberikan nilai tambah pada prinsipal dan konsumennya.


2.     Sebut dan jabarkan Lima bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ?

Jawaban :

Manajer mengelola 5 bentuk sumber daya yaitu :

1. Manusia
Karena manusia yang berperan penting sebagai pengelolah informasi dan pengatur dalam sebuah proses manajemen perusahaan dan menjadi user bagi perusahaan (termasuk  juga Karyawan) karena disinilah titik tonggak pengolahan Informasi yang akan disampaikan dan diatur dalam sebuah proses manajemen pada suatu perusahaan atau instansi tertentu.

2. Material  (Bahan Baku)
Salah satu sumber produktifitas  yang dikelola manajer untuk menjadikan sebuah barang modal yang nantinya dapat di transaksikan untuk dapat dinikmati orang lain.

3. Mesin (termasuk fasilitas dan energi)
Merupakan Sebuah alat untuk penyempurnaan proses darimentah yang diolah sehingga akan mendatangkan keuntungan dari hasil proses yang dilakukan serta bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.

4. Uang
Uang merupakan salah satu sumber daya yang paling penting Uang digunakan sebagai Modal untuk menunjang aktifitas dan produktivitas dalam suatu proses manajemen perusahaan

5. Informasi (termasuk data)
Merupakan data data yang sangatpentinguntukmengelolahsetiap data yang masuk sehingga dapat lebih mengembangkan manajemen perusahaanya dan meminimalisir kesalahan, setiap Informasi yang masuk perlu diolah dan di distribusikan kepada 4 titik point penting seperti yang dijelaskan diatas, sebagai contoh informasi pangsa pasar dan pendisitribusian barang yang akan menjadi sangat  fatal jika ditanggapi dengan salah


3.     Elemen Lingkungan adalah organisasi/individu yang berada di luar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung/tak langsung pada perusahaan. Sebut dan jelaskan elemen-elemen lingkungan manakah yang dapat secara mudah dihubungkan pada perusahaan dengan menggunakan transmisi elektronik?

Jawaban :

Elemen - elemen lingkungan yang berhubungan dengan perusahaan dalam penggunaan transmisi elektronik  meliputi :

-   Internet  yang ada di setiap perusahaan dapat digunakan untuk mengetahui  perkembangan pasar modal, pengiriman,pendistribusian barang maupun  jasa  untuk dikelola agar lebih baik.
-      Telephone , dengan menggunakan alat komunikasi yaitu telephone dalam perusahaan dapat saling terhubung antara perusahaan lainnya atau dengan konsumen.
-  Faximile atau telegram dapat digunakan untuk mengirim dan menerima informasi- informasi yang terkait dengan proses pengolahan data informasi secara manual.
-   Jaringan komputer kabel atau nirkabel dapat digunakan dalam suatu perusahaan dengan konsumen atau dengan instansi tertentu dalam suatu kerjasama yang baik.

Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages