SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » 1.2 INFORMASI DAN CONTOHNYA

1.2 INFORMASI DAN CONTOHNYA

Posted by Blognya ivan on Thursday 22 September 2016

1.2 INFORMASI



Pengertian Informasi

Informasi adalah data yang berguna yang diolah sehingga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang tepat. Karakteristik informasi yang realible harus memenuhi syarat relevan, tepat waktu, akurat dan lengkap.

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli :

1. Abdul Kadir, McFadden dkk. Mereka mendefiniskan informasi sebagai data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga mampu meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

2. Azhar Susanto, didalam bukunya yakni Sistem Informasi Akuntansi, menyatakan bahwa informasi merupakan hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat tertentu.

3. Burch & Strater mengemukakan bahwa informasi merupakan proses pengumpulan atau pengolahan data untuk memberikan sebuah pengetahuan atau keterangan.

4. George R. Terry menjelaskan informasi sebagai data yang terpenting untuk memberikan pengetahuan yang bermanfaat.

5. Jogianto, dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, mengemukakan informasi sebagai data yang diolah menjadi sebuah bentuk yang lebih bermanfaat bagi yang menerima informasi.

6. Lani Sidharta mendefinisikan informasi sebagai data yang diberikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk membuat sebuah keputusan.

7. Anton M. Meliono, informasi merupakan suatu data yang sudah diproses untuk tujuan tertentu. Dimana tujuannya ialah agar menghasilkan suatu keputusan.

8. George H. Bodnar informasi merupakan data yang diolah sedemikian ruppa, sehingga bisa dijadikan dasar dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat dan benar.

9. Tata Sutabri, menjelaskan bahwa informasi ialah data yang diolah / diinterpretasikan untuk mengambil sebuah keputusan.

10. Gordon B. Davis, informasi yakni suatu data yang sudah dikerucutkan menjadi sebuah bentuk yang sangat berarti bagi si penerima informasi dan berguna dalam pengambilan keputusan.

11. Jogiyanto HM., menyatakan informasi sebagai hasil dari pengolahan data kedalam bentuk yang lebih bermakna dan bermanfaat bagi penerimanya dan menggambarkan suatu peristiwa – kejadian (event) yang real (fact) yang digunakan untuk mengambil keputusan.

12. Raymond Mc.leod menjelaskan informasi sebagai data yang diolah menjadi bentuk yang memiliki arti penting bagi penerimanya dan berguna untuk pengambilan keputusan, baik saat itu juga maupun masa yang akan datang.



Jenis-jenis informasi:

ü  Berdasar penyampaian :

  1. Informasi yang disediakan secara berkala
  2. Informasi yang disediakan secara tiba-tiba
  3. Informasi yang disediakan setiap saat
  4. Informasi yang dikecualikan
  5. Informasi yang diperoleh berdasarkan permintaan

ü  Berdasar kegunaan :

  1. Informasi yang menambah pengetahuan, misalnya: peristiwa-peristiwa, pendidikan, kegiatan selebritis.
  2. Informasi yang mengajari pembaca (informasi edukatif), misalnya makalah yang berisi tentang cara berternak itik, artikel tentang cara membina persahabatan, dan lain-lain. 
  3. Informasi berdasarkan format penyajian, yaitu informasi yang dibedakan berdasarkan bentuk penyajian informasinya. Misalnya: informasi dalam bentuk tulisan (berita, artikel, esai, resensi, kolom, tajuk rencana, dll),
Ciri-ciri sebuah informasi :

  • Terbaru,
  • Tepat waktu,
  • Relevan,
  • Konsisten.

Contoh Informasi :

Adanya lowongan pekerjaan di suatu perusahaan yang tercetak di media masa.
Misalkan si A sedang membutuhkan pekerjaan, dengan berbekal ijazah lulusan SMK ia mencoba mencari informasi melalui media masa(koran), pada koran yang ia baca ternyata disana tertulis ada lowongan pekerjaan untuk lulusan SMK dengan kriteria dan persyaratan yang sudah tertera disana dan tentunya harus di penuhi agar dapat masuk ke perusahaan tersebut.
Bagi si A informasi lowongan pekerjaan tersebut sangatlah penting, karena hal itu dapat membantu nya mendapat pekerjaan dan ia menjadi tahu bahwa di perusahaan tersebut ternyata sedang membutuhkan pegawai lulusan SMK.      


Reference :



Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages