SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » 1.3 AKUNTANSI DAN CONTOHNYA

1.3 AKUNTANSI DAN CONTOHNYA

Posted by Blognya ivan on Friday 23 September 2016


1.3 AKUNTANSI




Pengertian Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan sehingga dapat digunakan oleh orang yang menggunakannya dengan mudah dimengerti untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

Fungsi Akuntansi

Fungsi utama akuntansi adalah sebagai informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi kita bisa melihat posisi keuangan sutu organisasi beserta perubahan yang terjadi di dalamnya. Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi mengenai keuangan sangat dibutuhkan khususnya oleh pihak manajer / manajemen untuk membantu membuat keputusan suatu organisasi.

Laporan Dasar Akuntansi

Pada dasarnya proses akuntansi akan membuat output laporan rugi laba, laporan perubahan modal, dan laporan neraca pada suatu perusahaan atau organisasi lainnya. Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya. Laporan dapat bersifat periodik dan ada juga yang bersifat suatu waktu tertentu saja.

Jurnal Umum dalam Ilmu Akuntansi

Jurnal umum adalah sebuah jurnal yang dipergunakan untuk tempat melakukan pencatatan segala  jenis bukti transaksi keuangan yang muncul akibat terjadinya berbagai transaksi keuangan perusahaan dalam suatu periode akuntansi tertentu. Jurnal umum menjadi buku harian dalam sebuah perusahaan yang berisi catatan segala transaksi yang terjadi selama periode berjalan.

Pada umumnya jurnal umum familiar dipergunakan dalam akuntansi perusahaan jasa karena pada prinsipnya segala transaksi dalam perusahaan jasa dapat dicatat secara kronologis ke dalam jurnal umum saja, sedangkan pada akuntansi perusahaan dagang lebih efektif menggunakan jurnal khusus dalam mencatat bukti transaksi yang timbul dari transaksi keuangan yang dilakukannya, meski demikian penggunaan jurnal umum juga diperlukan untuk mencatat bukti transaksi dari transaksi yang tidak bisa dicatat dalam jurnal khusus

Perusahaan jasa melakukan pencatatan bukti transaksi keuangan yang muncul dari transaksi keuangan yang dilakukannya ke dalam buku jurnal umum dengan tujuan untuk  melakukan pengidentifikasian, melakukan penilaian, dan melakukan pencatatan pengaruh ekonomi yang ditimbulkan dari berbagai jenis transaksi keuangan yang terjadi terhadap keuangan perusahaan secara kronologis untuk memudahkan proses posting atau pemindahan ke dalam suatu akun tertentu. 



Contoh Akuntansi  :

Perhitungan Jurnal umum :

Tariyah Tailor adalah salah satu perusahaan perseorangan yang memberikan service dalam bidang pembuatan pakaian wanita dan pria, berikut ini adalah transaksi yang terjadi dalam bulan maret 2015.


  • Tanggal 1 maret 2015 ibu Tariyah membuka usaha pembuatan pakaian wanita dan pria dengan nama “tariyah Tailor” sebagai modal awal ibu tariyah menyetorkan uang tunai sebesar Rp 9.190.000.

  • Tanggal 3 Maret 2015 dilakukan pembelian peralatan untuk usahanya senilai Rp 1.212.000 yang dibayar secara tunai.

  • Tanggal 4 Maret 2015 dilakukan pembelian perlengkapan untuk usahanya senilai Rp 312.000 dengan cara kredit.

  • Tanggal 15 Maret 2015 Tariyah Tailor menerima pendapatan jasa dari pelanggan sebesar Rp 980.000

  • Tanggal 24 Maret 2015 Tariyah tailor membayar beban listrik, dan beban telepon dengan total sebesar Rp 121.000

  • Tanggal 29 Maret 2015 Tariyah tailor menerima pendapatan jasa lagi dari konsumen sebesar Rp 1.710.000

  • Tanggal 31 maret 2015 ibu tariyah sebagai pemilik tariyah tailor mengambil sebagian modalnya untuk kepentingan keluarganya sebesar Rp 110.000





Berikut ini adalah Jurnal Umum nya :





Reference :





Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages