SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 2 (SOFTSKILL)

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 2 (SOFTSKILL)

Posted by Blognya ivan on Saturday 30 December 2017


NAMA    : IFAN EFENDI
NPM       : 1B117043

1.      Pertambahan penduduk suatu daerah atau negara pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor-faktor demografi :

A.    Mortalitas (Kematian)
Kematian adalah hilangnya tanda-tanda kehidupan manusia secara permanen. Kematian bersifat mengurangi jumlah penduduk dan untuk menghitung besarnya angka kematian caranya hampir sama dengan perhitungan angka kelahiran. Banyaknya kematian sangat dipengaruhi oleh faktor pendukung kematian (pro mortalitas) dan faktor penghambat kematian (anti mortalitas).

B.     Fertilitas (Kelahiran)
Fertilitas merupakan kemampuan berproduksi yang sebenarnya dari penduduk (actual reproduction performance). Atau jumlah kelahiran hidup yang dimiliki oleh seorang atau sekelompok perempuan. Kelahiran yang dimaksud disini hanya mencakup kelahiran hidup, jadi bayi yang dilahirkan menunjukan tanda-tanda hidup meskipun hanya sebentar dan terlepas dari lamanya bayi itu dikandung.
Fertilitas sebagai istilah demografi diartikan sebagai hasil reproduksi yang nyata dari seseorang wanita atau sekelompok wanita. Dengan kata lain fertilitas ini menyangkut banyaknya bayi yang lahir hidup. Fekunditas, sebaliknya, merupakan potensi fisik untuk melahirkan anak. Jadi merupakan lawan arti kata sterilitas. Natalitas mempunyai arti sama dengan fertilitas hanya berbeda ruang lingkupnya. Fertilitas mencakup peranan kelahiran pada perubahan penduduk sedangkan natalitas mencakup peranan kelahiran pada perubahan penduduk dan reproduksi manusia.
C.    Migrasi
Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.





2.    Bagaimana pandangan anda tentang pertambahan penduduk di Indonesia ?

Pandangan saya tentang pertumbuhan penduduk di indonesia yaitu, pertama saya melihat bahwa pertumbuhan penduduk di indonesia semakin meningkat pesat, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya data yang saya ambil dari sebuah website yang bersumber dari badan sensus penduduk nasional yang menunjukan bahwa penduduk di indonesia telah meningkat pesat dari tahun ke tahun.
Perkembangan Penduduk Indonesia 1930-2010.png
Screenshot_20.png


Berdasarkan data yang sudah saya cari melalui mesin pencari Google untuk tahun 2016 sendiri penduduk indonesia sudah mencapai angka 261,1 juta jiwa. Dapat dilihat dengan jelas bahwa pertumbuhan penduduk di indonesia ini semakin banyak setiap tahunnya. Kalau di masa depan jumlah ini jadi lebih banyak lagi, pasti ada lebih banyak masalah sosial lagi dan juga masalah2 lain. Namun pemerintah Indonesia sudah mengambil dua macam tindakan untuk mencegah masalah sosial ini. Yang pertama adalah program KB atau Keluarga Berencana dan yang kedua adalah program transmigrasi.



Daftar Pustaka

http://itssyyarif.blogspot.co.id/2016/10/penjelasan-mortalitasfertilitasmigrasi.html
http://technoupdate27.blogspot.co.id/2015/02/data-jumlah-penduduk-indonesia-terbaru.html

Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages