SOMETIME YOU MUST CHANGE YOUR LIFESTYLE

Home » » TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 3 (SOFTSKILL)

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 3 (SOFTSKILL)

Posted by Blognya ivan on Saturday 30 December 2017



  NAMA : IFAN EFENDI
  NPM     : 1B117043

                                                                                                              
TUGAS ILMU SOSIAL DASAR KE 3

1. Apa yang anda ketahui tentang kebudayaan ?
2. Apa yang anda ketahui tentang kepribadian ?
3. Apakah menurut anda kebudayaan memiliki korelasi dengan kepribadian ? 
    jelaskan
4. Apa yang anda ketahui tentang ciri khas kepribadian bangsa timur ?

1.      Secara etimologi, kata kebudayaan berasal dari kata sangsekerta buddayah  yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal, dengan kata lain kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akal. Berikut ini ada beberapa pengertian kebudayaan menurut para ahli yaitu :

a)      Menurut koenjaraninggrat, kebudayaan adalah keselurahan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.
b)      Menurut edward B. Taylor(1871), kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang didalmnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istidat dan kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat
c)      Menurut Dr. K. Kupper, kebudayaan adalah system gagasan yang menjadi pedoman dan pengaruh bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok

2.      Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang. Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang baku/berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya.

3.      Jika menurut saya kebudayaan dan kepribadian itu tidak terdapat korelasi, karena kebudayaan itu tidak mempengaruhi kepribadian dan juga sebaliknya. Apabila kepribadian seseorang itu sudah didapatkannya dari kecil hingga dewasa dan tertanam dalam akal fikiran serta sikap dan perilaku manusia tersebut dalam sehari-hari, maka berbeda halnya dengan kebudayaan yang diciptakan oleh manusia dengan berbagai macam keanekaragaman budaya dan juga diperoleh dari masyarakat dan tidak terus menerus menjadi kebiasaan orang tersebut.

Kepribadian bangsa timur dapat diartikan suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang mempunyai sifat toleransi yang tinggi. Kepribadian bangsa timur, kita tinggal di Indonesia termasuk ke dalam bangsa timur, dikenal sebagai bangsa yang berkepribadian baik. Di dunia bangsa timur dikenal sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat.


Daftar Pustaka :



http://novretman.blogspot.co.id/2016/06/budaya-dan-kepribadian.html
http://www.pengertianku.net/2014/06/pengertian-kepribadian-secara-umum.html
https://hakkajiten.wordpress.com/index/ilmu-budaya-dasar/kepribadian-bangsa-timur/
 

Thanks for reading & sharing Blognya ivan

Previous
« Prev Post

0 comments:

Post a Comment

Recent

Bottom Ad [Post Page]

Name*


Message*

Welcome To 'Blognya Ivan'

Pages